Thursday , 17 April 2014
IMELDA'S UPDATE
Home / HOME & FAMILY / HEALTH / 7 Rahasia Melahirkan Lancar
7 Rahasia Melahirkan Lancar

7 Rahasia Melahirkan Lancar

Mulai dari latihan yoga sampai terapi menggunakan air semua bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit saat persalinan. Anda bisa mengikuti langkah kami agarmerasa tenang menghadapi detik-detik kelahiran si buah hati.

Menjaga Kebugaran

Perempuan hamil yang bentuk tubuhnya cenderung tidak berubah biasanya melalui proses persalinan yang singkat. Badan yang sehat dapat meningkatkan ketahanan tubuh. jika Anda bugar kemungkinan mendapatkan penanganan medis saat persalinan sangat kecil. Berjalan, berenang dan melakukan latihan pra kehamilan bisa menjaga kebugaran. Tapi sebelum melakukan kegiatan tersebut sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Ikuti Kelas Persalinan

Menambah pengetahuan tentang tahap-tahap kehamilan dan tindakan saat persalinan akan mengobati rasa penasaran dan secara psikologi akan membuat tenang selama proses persalinan terjadi. Carilah kelas kehamilan yang persertanya tidak terlalu padat, bersertifikat, dan cocok dengan Anda.

Perhatikan Makanan

Mengonsumsi makanan ringan pada fase pembukaan awal akan menjaga energi. Sebaiknya hindari makanan berat dan berlemak. Jika perut terlalu penuh bisa menyebabkan mual dan muntah saat persalinan. Minum dalam jumlah banyak akan merangsang pembuluh darah sehingga waktu persalinan bisa lebih singkat. Namun jika kurang minum, waktu perasalinan bisa lebih dari 12 jam. Banyaklah Minum air putih pada fase bukaan awal. Saat tiba di rumah sakit mintalah pengasuh untuk menyiapkan air putih.

Mandi

Rasa sakit bisa menyebabkan otot di seluruh tubuh tegang dan menyebabkan tubuh merasa tidak nyaman. Mandi air hagat bisa mengurangi ketegangan otot. Dan pijatan lembut di bagian pungung akan mengurangi sakit akibat kontraksi. Mandi boleh dilakukan pada semua fase persalinan.

Pijat

Berdasarkan hasil penelitan dari University of Miami School of Medicine, perempuan yang mendapatkan pijatan dari pasangannya akan merasakan sakit yang lebih sedikit saat persalinan dibanding yang tidak dipijat. Jika memijat di daerah yang terasa sakit, tubuh mengirimkan signal ke otak supaya merasa tenang. Memijat bagian bahu dan leher pada fase pembukaan awal akan mengurangi tekanan dan stres. Namun ada waktu tertentu saat Anda tidak mau disentuh sama sekali.

Jangan Berbaring

Tetaplah dalam posisi tubuh tegak selama persalinan. Gravitasi akan membantu proses persalinan. Pada waktu persalinan kepala si bayi akan berada di bawah. Cobalah beberapa posisi tegak seperi berdiri dan jongkok. Memang akan terasa tidak nyaman. Tapi posisi itu akan memudahkan. Gerakan squat (berdiri dan jongkok) akan merangsang jalur persalinan sehingga si bayi bisa keluar dengan mudah.

Mengatur Napas

Membuat pola pernapasan tak hanya membuat Anda fokus pada kontraksi, tapi juga bisa membuat Anda merasa tenang. Selama persalinan buatlah diri sesantai mungkin. Caranya tarik napas dalam-dalam dan visualisasikan tempat-tempat liburan favorit Anda. Ada satu pemahaman yang harus ditamanamkan dalam pikiran. Bahwa setiap persalinan pasti ada akhirnya. Akhir dari persalinan adalah awal dari kehidupan yang baru baik itu buat si bayi atau buat Anda sebagai orangtua. Itulah kenapa persalinan akan menjadi cerita seumur hidup

sumber : parentsindonesia.com

About Done Akbar

Avatar of Done Akbar
The King of mix, MC, Announcer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>